FRASA.ID, KUTAI TIMUR – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kutai Timur (Kutim) Agus Heri Kusuma (AHK) melakukan inspeksi dadakan ke dua Kecamatan beberapa waktu lalu.
Dua kecamatan yang dituju adalah Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Sangatta Selatan, dalam inspeksi ini AHK meninjau langsung kualitas pelayanan publik di masing – masing kantor kecamatan sebagai kantor pelayanan terhadap masyarakat.
“Ini merupakan bagian dari komitmen untuk memastikan pelayanan publik berjalan optimal dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan masyarakat mendapat pelayanan yang baik,” ucap AHK.
Inspeksi pertama dilakukan di Kantor Camat Sangatta Utara pada pukul 09.30 WITA, kedatangan AHK disambut oleh Staf yang sedang berada di Kantor sebab Camat Sangatta Utara, Hasdiah sedang melakukan dinas di luar daerah.
Dalam kunjungan tersebut, AHK menyoroti pentingnya perbaikan fasilitas kantor untuk menciptakan pelayanan yang nyaman bagi staf dan masyarakat.
“Fasilitas yang ada harus kita benahi dan perbaiki misalnya dinding yang pudar di cat kembali atau atap yang bocor diganti, Fasilitas yang baik akan meningkatkan kualitas pelayanan,” tambahnya.
Lebih lanjut, AHK bertolak menuju Kantor Camat Sangatta Selatan, sebagai tempat inspeksi kedua, berbeda dengan Sangatta Utara di Kantor Camat Sangatta Selatan, AHK disambut oleh Camat Abbas.
tak sampai disitu, AHK juga mendorong setiap kecamatan agar kreatif dalam menghadirkan solusi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan publik.
“Pelayanan yang nyaman dan ramah menjadi kunci agar masyarakat merasa terlayani dengan maksimal, hal tersebut bisa terlaksana apabila didukung oleh fasilitas infrastruktur yang memadai,” terangnya.
Inspeksi yang dilakukan tidak hanya sebagai formalitas tugas saja akan tetapi sebagai bentuk kepedulian terhadap kinerja pemerintah kecamatan sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat.
Sebab menurutnya Pemerintah Kecamatan menjadi salah satu garda terdepan dalam menerima aspirasi dan sebagai penyedia layanan untuk masyarakat.
“Tidak hanya pelayanan saja akan tetapi keterbukaan terhadap aspirasi masyarakat juga harus kita kedepankan, terutama di tingkat Pemerintah Kecamatan,” imbuhnya.
AHK berharap dapat mendorong reformasi birokrasi di Kutai Timur, dan memastikan masyarakat Kutim mendapatkan pelayanan yang efisien, cepat, dan nyaman sekaligus meningkatkan standar pelayanan publik. (Adv)