FRASA.ID,SAMARINDA- Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Nidya Listiyono, menyoroti potensi besar dari produk ekspor non migas, seperti pakaian manufaktur dan kerajinan kreatif. Namun, ia mengakui bahwa branding produk-produk tersebut belum optimal.
“Kita juga memiliki produk makanan berkualitas, seperti beras, yang perlu dikenal lebih luas. Branding yang kuat akan meningkatkan permintaan pasar,” ujar Listiyono. Kamis (26/10/2023)
Listiyono menekankan pentingnya strategi branding bagi para pelaku usaha. Dengan branding yang berhasil, para pelaku usaha akan lebih memahami apa yang mereka tawarkan kepada konsumen.
“Saran saya, fokuslah pada branding. Strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan nilai produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan produksi dan kualitas,” ungkap Listiyono.
Data dari Kementerian Perdagangan menunjukkan bahwa ekspor non migas Kaltim mencakup udang beku, udang kemasan, kepiting segar, serta produk manufaktur dan kerajinan kreatif seperti patung keramik dan tas kulit. (Advertorial)